Saturday 9 February 2013

mereka malaikat kecil yang menikmati nada-nada dunia


Apa yang akan kamu lakukan ketika indahnya warna-warni melodi nada dunia ini tak dapat kamu dengar ? Apa yang terjadi ketika kamu tak dapat mendengar lagu-lagu indah yang ibu dendangkan agar kau dapat tidur terlelap ? ketika ibu mengucapkan betapa ibu sangat mencintai mu. Ketika kau dapat berbicara berbahasa pada saat nya nanti adalah bahasa yang kauperoleh berasal dari bahasa ibu yang senantiasa berbicara kepadamu sedari kau tak dapat berkata apa-apa, ketika bahasa ibu pun tak dapat terdengar olehmu apa yang akan terjadi ? 

Sekilas mengenai Tunarungu ..

Bahasa merupakan suatu kode dimana gagasan atau ide tentang dunia atau lingkungan diwakili oleh seperangkat simbol yang telah disepakati bersama guna mengadakan komunikasi - Bloom & Lahey, 1978



Orang tuli/anak tuli tidak bisa menerima kesepakatan/bahasa karena adanya gangguan (Masalah Pendengaran).
Ketunarunguan adalah keadaan kehilangan pendengaran yang meliputi seluruh gradasi baik ringan,sedang, maupun berat dan sangat berat, yang walaupun diberikan alat bantu pendengaran tetap memerlukan layanan pendidikan khusus. Ketunarunguan di golongkan menjadi : kurang dengar dan tuli .
Siapa yang tergolong Tunarungu ?
-Menurut derajat kehilangan daya dengarnya 
<90 dB kurang dengar (ringan,sedang,berat)
>90 dB tuli
-Menurut tempat terjadinya kerusakan pendengaran
Tunarungu Konduktif (Telinga luar/tengah)
Tunarungu Perseptif (Telinga dalam/Cochlea)
-Menurut penyebabnya
Faktor Keturunan
Kelahiran dengan resiko tinggi
Karena Penyakit
-Menurut umur saat kehilangan Pendengaran
Tunarungu Prelingual < 2th (sebelum berbahasa)
Tunarungu Postlingual > 3th (setelah berbahasa)
Karakteristik anak Tunarungu 
Miskin dalam kosakata, terganggu bicaranya, dalam berbahasa diperngaruhi emotional/visual order, anak Tunarungu cenderung pemalu, anak Tunarungu umumnya bersifat kaku (Regidity) dsb.
Ruang lingkup program asessmen, intervensi dini dan pelaksanaannya, program bimbingan orang tua :
- konseling apabila orangtua masih merasa sulit menerima keadaan anak.
- pemberian informasi tentang seluk beluk ketunarunguan
- pembinaan dalam tekhnik seperti merangsang keterampilan anak dalam komunikasi & kognitif, serta perawatan alat bantu dengar.

Mengembangkan bidang sosial dan emosional anak
- kemampuan dengar lewat treatmen bunyi presepsi dan bunyi irama
- pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara (bina wicara)
- pengembangan kemampuan kognitif anak 
 
Anak tunarungu membutuhkan layanan pendidikan khusus, memerlukan hak yang sama, memerlukan kasih sayang, bukan hinaan ataupun menjadikan mereka bahan ejekan. 

Ketika kita berada di antara mereka, percayalah kamu kan merasa berada di antara malaikat-malaikat kecil. ketika merasa dunia tidak adil kepadamu, tidak merasa bersyukur akan segala nikmat yang diberikan oleh-Nya, ada mereka malaikat-malaikat kecil yang tertawa, bersyukur, menikmati indah nada-nada dunia dengan cara berbeda. Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengukir banyak prestasi, itulah dimana keterbatasan bukan lah hambatan ..SubhanAllah indahnya dunia ;) 










No comments:

Post a Comment